Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe-Tipe Michelin Ban Untuk Sepeda Motor Matic

Michelin Ban
Credit Photo: Pixabay


Memiliki kendaraan bermotor, itu artinya kita harus siap menyisihkan anggaran atau budget untuk melakukan maintenance atau pemeliharaan. Saya ingin bercerita mengenai teman saya yang sering lalai dalam melakukan pemeliharaan sepeda motornya. Teman saya memiliki sepeda motor matic, namun sayangnya dia hampir tidak peduli dengan kondisi ban sepeda motornya. 

Kebetulan teman saya merupakan seorang tenaga kurir di kantor, dimana bisa dibilang setiap hari sepeda motornya digunakan untuk kegiatan operasional kantor. Seringnya sepeda motor dipergunakan di jalan, tentu akan membuat ban jadi lebih cepat aus dan gundul. Sayangnya ketika mendapat uang kompensasi pemeliharaan sepeda motor, tidak digunakan oleh teman saya untuk melakukan service rutin, termasuk mengganti ban sepeda motornya.

Dari peristiwa yang dialami oleh teman saya, ada hikmah yang bisa dipetik yaitu kita harus menyisihkan budget untuk pemeliharaan sepeda motor dalam hal ini pembelian ban, karena merupakan aset untuk bekerja.

Sepeda motor matic tentu saja memiliki perlakuan berbeda dengan sepeda motor biasa, meskipun fungsinya tetap sama yaitu sebagai alat transportasi. Beberapa perbedaan diantara sepeda motor matic dan manual yang harus kita ketahui sebagai pengguna kendaraan roda dua antara lain:
  • Sistem rem yang digunakan berbeda. Pada sepeda motor matic, pengereman ada pada bagian ban kendaraan, sementara sepeda motor biasa, sistem pengereman ada pada mesin kendaraan.
  • Sistem transmisi motor, dimana pada motor manual kalian harus menggunakan mengoper gigi atau persnelling yang berada di kaki untuk mengatur laju kendaraan. Sementara pada sepeda motor matic, kita menggunakan tuas gas dan juga rem tangan untuk mengatur kecepatan.
  • Ban yang digunakan. Ukuran ban sepeda motor matic lebih kecil dibanding sepeda motor manual, sehingga ringan digunakan oleh semua kalangan baik laki-laki maupun perempuan.
Untuk memilih ban sepeda motor matic tentu juga kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana kualitas dan spesifikasi yang dijual oleh sebuah brand. Lalu bagaimana agar kita dapat memilih ban sepeda motor matic yang tepat, begitu tips singkat dari saya:
  • Sesuaikan budget membeli ban
Seperti yang kita ketahui, harga ban untuk dua pasang yaitu depan dan belakang itu tidaklah murah. Setidaknya kalian harus menabung minimal setahun sekali untuk mengganti ban sepeda motor. 

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban sepeda motor, sebenarnya disesuaikan dengan jarak yang biasa kalian tempuh dengan menggunakan sepeda motor tersebut. Jika pekerjaan kalian seorang sales atau kurir yang sebagian besar waktunya digunakan di perjalanan, maka tentu kebutuhan mengganti ban akan lebih sering dibanding saya yang hanya menggunakan sepeda motor ketika berangkat dan pulang kerja saja.

Oleh karena itu sesuaikan dana untuk membeli ban sepeda motor, namun juga pilih ban yang awet dipakai dalam kurun waktu tertentu.
  • Sesuaikan dengan ukuran velg sepeda motor 
Jangan hanya karena ingin bergaya, lalu kalian membeli ban tanpa memperhatikan apakah sesuai dengan ukuran velg sepeda motor yang dimiliki. Dengan membeli ban sesuai ukuran velg, maka berkendara pun juga menjadi lebih nyaman pastinya.

Membeli ban upsize dimana tidak sesuai dengan ukuran velg, akan menambah berat kerja komponen mesin sepeda motor lainnya seperti rantai dan gear. Akibatnya, komponen sepeda motor yang belum waktunya diganti menjadi lebih cepat diganti, karena menggunakan ban upsize. Tentu saja biaya service sepeda motor akan membengkak.

Salah satu produsen merk yang menjual ban untuk sepeda motor matic adalah Michelin Ban, dimana produsen ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat menyediakan berbagai ban sepeda motor, baik itu untuk matic maupun manual.

Michelin Ban Menyediakan Ban Sepeda Motor Matic, Ini Tipe-Tipenya

Saya pribadi sudah sering mendengar merk Michelin Ban yang dijual di pasaran. Kebetulan suami saya pernah menggunakan Michelin Ban namun untuk sepeda motor manualnya. Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin menjelaskan secara singkat apa saja tipe-tipe ban Michelin yang cocok digunakan untuk sepeda motor matic kalian.

1. Michelin Tubles City Extra 90/90 R-14

Ban ini termasuk jenis tubles yaitu tipe ban yang tidak memiliki ban dalam, namun tidak mudah bocor karena terdapat fluid sealant di dalamnya.

2. Michelin Pilot Street 90/80-14

Ban tipe ini memiliki tingkat keawetan yang cukup lama, tentu saja tanpa meningglakan performa terbaik ketika berkendara. Cocok untuk digunakan bagi kalian pengguna sepeda motor matic.

3. Michelin Pilot Street 80/90-14

Ban tipe ini cocok digunakan untuk sepeda motor matic dan cocok di segala kondisi cuaca baik itu musim hujan maupun kemarau dimana jalan akan kering dikarenakan memiliki daya cengkeram yang kuat.

4. Michelin Pilot Street 90/90-14

Memiliki tapak yang tebal, menjadikan ban merk Michelin ini sangat cocok digunakan untuk sepeda motor matic.

Beberapa keunggulan ketika kita menggunakan Michelin ban untuk sepeda motor matic, diantaranya:
  • Memiliki fitur X-Sipe Technology yaitu daya cengkeram besar ketika berkendara terutama saat hujan
  • Memiliki Silica Rain Technology, yaitu daya cengkeram kuat ketika dalam kondisi cuaca dingin dan basah sehingga tahan dalam segala cuaca
  • Mengusung Michelin 2 Compound Technology yaitu teknologi dimana ban memberi sinyal jika telah melewati batas penggunaan sehingga sudah waktunya diganti. Sinyal tersebut ditandai dengan menipisnya ban bagian tengah dan kurangnya daya cengkeram di pinggir ban.
Untuk kalian yang ingin mengganti ban sepeda motor matic dengan Michelin Ban, maka Planet Ban merupakan tempat terbaik. Hal ini dikarenakan Michelin Ban akan terpasang secara gratis oleh teknisi andal yang ada di Planet Ban.

Jadi tunggu apa lagi, utamakan keselamatan dalam berkendara menggunakan sepeda motor matic dengan menggunakan Michelin Ban yang bisa dibeli di Planet Ban.

Semoga bermanfaat

30 komentar untuk "Tipe-Tipe Michelin Ban Untuk Sepeda Motor Matic"

  1. Banyak macamnya ya mbak, kalau aku percaya kan ke bengkelnya, kira kira model apa yang paling awet dan sesuai budget. Hehehe. Tapi bisa juga nih setelah baca tulisan ini jadi bisa percaya diri tentukan pilihan

    BalasHapus
  2. Baru tau ternyata banyakmjuga ya tipe Michelin Ban untuk sepeda motor matic, jadi nambah pengetahuan deh

    BalasHapus
  3. Ternyata jenis-jenis ban untuk motor automatic itu banyak banget ya Aku kira cuma dua aja ini infonya bermanfaat banget loh

    BalasHapus
  4. Wah keren kak kalau pasang Michelin Ban ini di planet ban ternyata gratiiis ya, besok mau kasih tahu suami ah mending ke Planet ban saja

    BalasHapus
  5. Ban motor banyak tipenya, untuk yang matic pakai ban michelin btw namanya sweet banget ya

    BalasHapus
  6. motor itu kendaraan penting, sering dipakai tapi kalau untuk perawatan tidak diperhatikan, ya bakal rusak. Apalagi perihal Ban motor, tetap butuh di cek kondisi fisiknya. Oh ya, banyak juga ya tipe Michelin bannya motor matic

    BalasHapus
  7. Kualitas ban yg bagus memang perlu diperhatikan ya, apalagi kendaraan kita pakai tiap hari. Ga kebayang kalo ban nya jelek, tiba-tiba bocor atau kempes mungkin bisa lebih sering

    BalasHapus
  8. Ternyata macam-macam ya jenis ban motor. Nice info.

    BalasHapus
  9. Dan seharusnya kita waspadai harga penjualan ban resmi. Seminggu lalu kami hampir saja kena tipu. Katanya harga ban sekitar 18-200 eh pas kami beli sendiri hanya 140. Unung aja ngecek dulu. Jadi kami pilih beli sendiri deh daripada pake jasa tukang

    BalasHapus
  10. Benar mbak, sering kali kita abai dengan kondisi ban padahal investasi untuk beli ban itu penting sekali karena menyangkut keselamatan pengemudinya.

    BalasHapus
  11. Aku termasuk pengguna motor matic, nih. Baru tau ban motor ternyata ada jangka masa pakainya. Meskipun nggak jauh amat jarak tempuh pakai matic, emang bener harus tetep jaga keselamatan, ya

    BalasHapus
  12. Perkara ban ini pentiiingg banget loh.
    jangan sampai kita abai.
    karena resikonya gedeee kalo ngawur

    BalasHapus
  13. Jarang diperhatikan tapi memilih ban yang baik untuk motor itu penting lho. Ternyata ada Michelin Ban yang ahli di bidangnya.

    BalasHapus
  14. Untuk kendaraan matic, tp banyak juga ya tipenya.. menyesuaikan budget dan kebutuhan si empunya kendaraan.. kerennn michelin

    BalasHapus
  15. Aku pernah sampai retak2 gitu padahal udah dikasi tau suruh ganti sama pak su 😆 dientar2 mulu. Wah jadi banyak tipenya ya. Aku ganti2 aja gitu. Planet Ban udah banyak cabangnya. Di tempat aku ada 2 cabang buka baru aku tinggal pilih deh 😁 smua dekeut

    BalasHapus
  16. Ternyata dari satu merk Michelin aja ada beberapa jenis juga ya ban untuk sepeda motor ini. Saya juga suka ngeri kalau lihat ada motor, bannya udah mulus gitu, membayangkan pas hujan dan jalan licin, jadi makin besar peluangnya untuk terpeleset

    BalasHapus
  17. Wah jd teringat dulu suamiku pernah 1 thn kerja di perusahaan perkebunan karet michelin yg bikin ban ini mbak. Ternyata perkara kualitas ban ini gak boleh sembarangan ya mbak. Emang hrs berkualitas

    BalasHapus
  18. Ternyata beda ya ban motor matic dengan ban motor manual. Motorku kayaknya sudah 2 kali ganti ban mbak tapi nggak tahu merk nya apa. Heu

    BalasHapus
  19. Ooh banyak tipe ban untuk motor matic, bisa disesuaikan kebutuhan yah apalagi buat yang job descnya kudu wara-wiri penting banget menjaga kondisi ban. Kalau aus sampai tipis licin gitu kan bahaya.

    BalasHapus
  20. Pas banget nih, sebelum mudik kita wajib ngecek motor. Terutama ban motor matic, beneran harus diperhatiin.
    Michelin Ban, beneran mengcover kebutuhan konsumen pengguna motor matic ya.Thank you buat info nya sangat bermanfaat dan relate jelang mudik

    BalasHapus
  21. Saya baru tahu kalau jenis ban dari Michelin itu ada beberapa type. Memang kalau ganti ban harus pilih yang paling cocok sama jenis kendaraannya.

    BalasHapus
  22. Ternyata cukup banyak jenis/tipe ban untuk motor matic ya. Motorku Mio nih tapi aku ga tau ukuran ban dan tipenya hihihihi. Boleh juga nih kalau kapan2 ganti ban di Planet Ban aja, ada Michelin ban yang bagus kualitasnya dengan harga terjangkau dan bersaing ya. TFS.

    BalasHapus
  23. Michelin ini memang ban yang recomended ya
    Ada buat matic juga
    Belinya di planet ban ya mbak

    BalasHapus
  24. Ternyata tipenya banyak juga ini ban motor dari Michelin, nanti ku share ke adik iparku ah. Kebetulan dia menggunakan motor setiap harinya.

    BalasHapus
  25. Wah aku selama ini gak pernah merhatiin ternyata ban tu ada tipe2nya ya, kirain ya sama aja utk tiap motor.
    Baru tahu kalau ke Planet Ban mengganti ban pakai ban Michellin ternyata free pemasangan ya. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  26. Wah aku selama ini gak pernah merhatiin ternyata ban tu ada tipe2nya ya, kirain ya sama aja utk tiap motor.
    Baru tahu kalau ke Planet Ban mengganti ban pakai ban Michellin ternyata free pemasangan ya. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  27. Motor dengan ban yang pas bisa semakin mengoptimalkan performa dan bikin motor tetap awet dengan perawatan terbaik juga. Memilih Michelin Ban untuk motor kudu dibantu sama ahlinya dari Planet Ban juga nih..

    BalasHapus
  28. Kebetulan banget aku harus ganti ban motor matic. Seneng banget nih dapat rekomendasi ban tubles. Nanti langsung cek deh di toko ban untuk merek Michelin.

    BalasHapus
  29. Wah ternyata ban juga banyak ukuran dan fitur-fiturnya juga ya. Selama ini aku hanya menyerahkan semua ini ke suami hahaha ternyata penting juga belajar tentang automotif.

    BalasHapus
  30. Bicara kualitas ban jawabannya pasti Michelin. Kualitasnya sudah terbukti, dan produknya bisa dengan mudah ditemukan di mana-mana. Salah satunya di Planet Ban. Lalu, yang bikin jatuh cinta sama Michelin tentu kualitas dan inovasi teknologi dalam setiap produknya yang bikin berkendara makin asik, seru, dan aman.

    BalasHapus