Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Scan Printer Berkas di Kantor, Mudah dan Praktis Menggunakan Canon




Di kantor saya ketika membuat invoice, client sering sekali meminta salinan laporan pekerjaan yang telah dilakukan oleh teknisi. Mungkin sekitar sepuluh tahun lalu, saya terbiasa untuk pergi ke tukang fotocopy untuk menggandakan laporan pekerjaan teknisi. Namun sekarang ketika teknologi sudah semakin canggih, maka pergi ke fotocopy sudah tak perlu lagi kita lakukan.

Saat ini sudah ada mesin scan yang dapat menyimpan hard copy sebuah laporan menjadi soft copy, sekaligus dapat dicetak apabila membutuhkan.

Jadi saya punya pengalaman kurang baik nih seputar pekerjaan kantor. Sekitar enam tahun lalu, teknisi datang ke rumah client untuk melakukan pekerjaan pembasmian hama. Ketika pekerjaan sudah selesai, dan saya hendak mengirimkan invoice, ternyata client ingin di dalam invoice tersebut disertakan juga salinan dari laporan pekerjaan teknisi.

Alangkah terkejutnya saya ketika teknisi yang mengerjakan ternyata tidak sengaja menghilangkan berkas laporan kedatangannya. Alhasil, client sempat komplain dan marah, hingga mengancam tidak ingin membayar tagihan. Andai dulu teknisi sempat mengambil gambar melalui handphone bukti laporan kedatangannya ke client, lalu saya print salinannya tentu komplain dari customer tidak perlu kami dapatkan. Waktu telah banyak berlalu, dan banyak SOP di kantor saya yang dibenahi, termasuk mengenai laporan pekerjaan pembasmian hama yang dilakukan oleh teknisi. 

Sebagai perusahaan yang memang membutuhkan data akurat guna pelaporan ke client, saya sarankan untuk Anda menggunakan peralatan kantor yang memadai dengan kualitas tinggi. Salah satu produk perkantoran yang mumpuni adalah Canon dimana sudah cukup lama membantu para pengguna khususnya perusahaan yang membutuhkan berbagai produk mesin printer dan juga mesin scan guna kelancaran operasional pekerjaan.

Salah satu produk dari Canon yang cukup praktis dan efisien adalah printer multifungsi yang dapat membantu karyawan seperti saya menyelesaikan tugas tepat waktu. Printer multifungsi ini selain bertugas untuk mencetak berkas di kantor, juga dapat digunakan sebagai mesin scan yang bertugas untuk memindai berkas fisik ke dalam bentuk digital.

Beberapa kegunaan dari printer multifungsi sebenarnya banyak sekali, sebut saja:
  1. Dapat memindai dokumen atau berkas penting ke dalam bentuk digital
  2. Dapat memperbanyak dokumen dalam waktu singkat
  3. Dapat mengirimkan berkas atau dokumen melalui faksimile menggunakan jaringan wireless
Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, keberadaan printer multifungsi seperti Canon tentu sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan yang ingin kerja praktis dan juga efisien. Mungkin jika di kantor saya menggunakan printer multifungsi, maka kejadian teknisi yang menghilangkan bukti pekerjaan di rumah client tidak akan pernah terjadi. Hal ini dikarenakan berkas fisik dapat secara langsung dipindai menjadi bentuk digital sehingga kemungkinan hilang itu sangat minim sekali.

Scan Printer di Kantor, Membuat Pekerjaan Menjadi Lebih Praktis

Sebelum memutuskan untuk membeli printer multifungsi, maka pastikan Anda dan seluruh karyawan yang ada di kantor mempelajari terlebih dahulu bagaimana scan printer bekerja. Produk printer multifungsi dari Canon cukup user friendly bagi para penggunanya.

Cara scan printer sebenarnya tidak sulit asal kita sudah mempelajarinya terlebih dahulu. Berikut cara scan printer Canon yang harus Anda ketahui:
  1. Tekan tombol power untuk menyalakan printer Canon
  2. Install IJ Scan Utility ke Personal Computer atau gawai yang diperlukan
  3. Siapkan berkas atau dokumen yang hendak discan
  4. Letakkan berkas di atas kaca scanner
  5. Buka aplikasi IJ Scan Utility lalu cari menu Pengaturan
  6. Di menu pengaturan, akan muncul keterangan Pemindaian/Scan Foto
  7. Pilih tulisan "Periksa hasil pemindaian dan tentukan pilihan pengaturan", lalu Anda klik OK
  8. Klik Foto untuk memulai proses scan berkas atau dokumen yang diinginkan
  9. Proses pemindaian selesai
  10. Lihat hasil pemindaian di menu My Document
Bagaimana, cukup mudah bukan untuk scan printer menggunakan Canon!

Semoga bermanfaat ya untuk mempermudah pekerjaan kalian di kantor.


Posting Komentar untuk "Cara Scan Printer Berkas di Kantor, Mudah dan Praktis Menggunakan Canon"