Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita, Jangan Anggap Sepele


Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita
Credit Photo: Pexels


Kalian tahu tidak bahwa penyebab rambut rontok parah pada wanita sebenarnya banyak disebabkan oleh berbagai macam faktor, baik itu internal maupun eksternal. Dan jangan sampai kita kaum wanita abai terhadap rambut rontok, karena akan mempengaruhi rasa percaya diri ketika berada di tengah masyarakat.

Saya memiliki teman seorang perempuan yang lebih muda usianya. Kebetulan dia tidak menggunakan hijab dan sehari-hari rambut sebahunya tergerai. Namun alangkah kagetnya saya ketika berjumpa setelah sekian lama, rambut teman saya menipis dan sekilas mengalami kebotakan. Padahal usianya masih sangat muda dibanding saya.

Sampai akhirnya teman saya curhat kalau sudah satu tahun ini dia stress karena rambut rontok yang dialaminya sudah semakin parah. Berbagai produk sudah digunakan untuk mengurangi kerontokan namun rupanya belum ada yang membuahkan hasil.

Setelah saya dengarkan curahan hati teman tersebut, ternyata kemungkinan besar penyebab rambut rontoknya adalah karena diet ketat yang dijalaninya setahun belakangan ini. Dari beberapa literas yang saya baca, bahwa salah satu penyebab rambut rontok adalah diet yang tidak seimbang. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Biar bagaimanapun juga, rambut memerlukan nutrisi agar dapat tumbuh panjang dan memiliki akar yang kuat. Jika tidak ada nutrisi seimbang sesuai kebutuhan gizi yang masuk ke dalam tubuh, bagaimana sehelai rambut akan kokoh di akar rambut. Yang ada justru rambut makin rontok dan kesehatan kulit kepala menjadi terganggu.

Ubah Gaya Hidup yang Menyebabkan Rambut Rontok Pada Wanita

Selain dari diet ketat yang salah diterapkan oleh teman saya, sebenarnya ada banyak faktor penyebab rambut rontok pada wanita. Sebaiknya kita sebagai kaum hawa jangan anggap sepele akan hal tersebut, sebab rambut merupakan mahkota yang dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Boleh percaya atau tidak, faktor gaya hidup bisa menyebabkan seorang wanita mengalami kerontokan pada rambutnya. Beberapa faktor berikut yang menyebabkan kerontokan rambut, yaitu:

1. Konsumsi Makanan Cepat Saji

Tahukah kalian jika segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dikonsumsi untuk kesehatan kita. Sama halnya ketika makan makanan cepat saji, meskipun enak namun ternyata jika terlalu sering maka dampaknya tidak baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan rambut wanita.

Makanan cepat saji mengandung bahan-bahan kimia yang apabila terlalu sering dikonsumsi maka tidak baik untuk kesehatan rambut dan juga kulit kepala. 

2. Merokok

Di dalam rokok mengandung nikotin. Apabila seorang wanita merokok, maka nikotin yang dihisapnya akan membatasi aliran darah ke dalam tubuh, termasuk salah satunya aliran darah yang mengalir ke kulit kepala. Jika aliran darah menjadi terbatas, maka jumlah oksigen pun akan berkurang di dalam aliran darah.

Sementara keberadaan oksigen yang mencukupi akan mengoptimalkan kerja dari folikel rambut manusia. Kalau sudah begitu, maka rambut akan mengalami kerontokan yang cukup parah. Tidak mau hal tersebut terjadi, maka sebisa mungkin para wanita mengurangi rokok atau berhenti sama sekali untuk tidak merokok.

3. Minuman Berkafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol dapat menghambat penyerapan air di dalam tubuh, sehingga dapat menimbulkan dehidrasi pada manusia. Dehidrasi inilah yang nantinya akan menyebabkan rambut mudah mengalami kerontokan. 

Air yang tidak terserap sempurna di dalam tubuh tentu akan mengurangi ketersediaan nutrisi yang dibutuhkan manusia. Nutrisi itu penting bagi semua organ tubuh, tak terkecuali rambut dan folikelnya.

Penutup

Kita terlalu sibuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar sampai akhirnya lupa untuk melakukan perawatan rambut. Padahal sebenarnya rambut merupakan komponen terpenting yang ada di tubuh kita. Makan junk food demi terlihat bergengsi, minum kopi kekinian dan konsumsi alkohol dengan circle pertemanan, secara tak langsung membuat rambun menjadi rontok karena kandungan yang terdapat dalam makanan dan minuman tersebut.

Mari sejak dini kita lebih aware dalam menjaga kesehatan tubuh. Rambut merupakan bagian dari tubuh yang wajib dijaga agar tidak mudah rontok dengan selalu konsumsi makanan sehat dan tentu saja bernutrisi.

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita, Jangan Anggap Sepele"

  1. Aku tuh zaman kecil sampe belum nikah rambut bisa dibilang tebal banget mba. Tapi pas udh lahiran, wassalam lah, jadi tipis 🤣🤣🤣. Terkadang mikir juga, apa Krn kualat dulu pernah sebel Ama rambut tebel, Krn jadi susah di atur, boros shampo pula 😁. Ternyata Skr, aku kangen rambut tebalku yg dulu 😅

    Tapi memang diet yg terlalu ketat, bisa bikin kerontokan parah. Susah sih, dan ga bakal bisa tebel kalo pola makan belum berubah. Percuma juga ke salon dan treatment lainnya

    BalasHapus