Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Me Time Untuk Ibu Rumah Tangga

 
Sumber Gambar: Pexels


Tahukah kalian bahwa meluangkan me time itu penting bagi seorang ibu rumah tangga, tak peduli sudah memiliki keturunan ataupun belum.

Me time sendiri sebenarnya dapat diartikan sebagai waktu luang khusus yang kita sediakan bagi diri sendiri. Me time tidak melulu hanya untuk ibu rumah tangga kok. Bagi kalian para pekerja kantoran yang memiliki jadwal padat setiap harinya, perlu banget untuk meluangkan waktu di akhir pekan untuk me time. Untuk para pelajar yang sudah seminggu harus belajar dan memeras otak, maka tak ada salahnya di hari libur luangkan waktu dan bilang kepada orang tua kalau kalian tidak ingin diganggu barang sejam atau dua jam lamanya.

Bukan berarti me time ini bersifat egois dan lebih mementingkan diri sendiri. Ada kalanya kita butuh untuk sendiri, menjauh dari kebisingan lingkungan sekitar. Sama halnya dengan saya, yang apabila sudah di rumah ingin menyendiri di dalam kamar selama kurang lebih sejam saja sambil gegoleran di atas tempat tidur. Padahal yang saya lakukan sambil rebahan ya tidak berguna juga, contoh hanya scroll Tiktok saja atau memejamkan mata sejenak. Namun begitu sudah saya lakukan, dan siap untuk ke luar kamar, maka energi saya pun seolah di charge ulang untuk bisa beberes rumah di malam hari misalnya. 

Atau mendengarkan ibu yang sudah lansia itu memerlukan effort khusus lho gaes. Bayangkan ketika kalian baru pulang kerja, tiba-tiba orang tua yang sudah lansia bercerita panjang lebar, sementara kalian belum sempat berisitirahat. Tentu akan jadi bad mood donk. Maka dari itu saya berusaha untuk rebahan dan menyendiri ketika sudah pulang kantor. Tak lupa mandi sebelumnya ya, karena debu dan kotoran pastinya menempel di badan. 

Ada banyak manfaat me time yang perlu kalian ketahui, tak terkecuali untuk ibu rumah tangga, sebut saja:
  • Diyakini mampu menghilangkan stress
Me time tentu saja tidak hanya berdiam diri di kamar. Melakukan olahraga, menonton drama Korea, bercocok tanam di halaman rumah bisa dikategorikan ke dalam me time. Siapapun boleh melakukan jenis kegiatan me time tersebut.

Bahkan bersosialisasi dengan teman pun bisa dikatakan me time, sepanjang kalian menikmati proses tersebut. Dengan melakukan me time, maka secara tak langsung bisa sejenak membuang beban pikiran yang ada. Otomatis stress dalam diri kita bisa dihilangkan, minimal terkurangi.

Jika dalam pikiran Anda, me time haruslah mahal seperti liburan ke luar negeri, maka pemikiran tersebut adalah salah. Me time bahkan bisa dilakukan tanpa biaya sekalipun, asalkan kita menikmatinya.
  • Mampu mengembalikan kebugaran tubuh
Saya ingin mengambil contoh seorang ibu rumah tangga yang hampir dibilang tidak punya jam kerja pasti, bahkan bisa 24 jam penuh jika memiliki bayi yang baru lahir. Sebagai ibu rumah tangga, tentu pasti penat memikirkan bagaimana mengurus rumah tangga, menjadikan rumah nampak rapi bahkan memikirkan menu apa yang harus dimasak keesokan harinya.

Kalian para ibu rumah tangga, tak salah kok jika setiap malam melakukan me time walau hanya 30 menit saja. Tidak perlu melakukan aktivitas berat untuk me time, bahkan pernah saya baca di beberapa media sosial, menonton drama Korea merupakan me time sederhana bagi para ibu rumah tangga. Para suami mungkin juga seharusnya memberikan ruang sejenak bagi istri agar mereka bisa menyendiri untuk beristirahat sejenak karena kelelahan seharian mengurus rumah. 
  • Memberi ruang untuk kita melakukan instrospeksi 
Bagi yang suka me time hanya dengan berdiam diri saja, tentu akan banyak merenung sembari berintrospeksi sudah melakukan hal apa saja hari ini. Saya pun demikian. Ketika berdiam diri di kamar sambil rebahan, terkadang pikiran banyak melanglang buana ke berbagai peristiwa yang telah saya lalui.

Lalu saya berusaha membuat catatan di buku tersendiri, apa saja yang ingin diperbaiki atas segala peristiwa yang telah terjadi di hidup ini. Misalnya saja, ketika saya merasa 20 hari pertama di tahun 2023 ini tidak produktif dalam menulis, maka berusaha melakukan instrospeksi dan mencoba bangkit kembali dengan ide tulisan yang dituangkan ke blog.

Penutup

Sebagai seorang ibu rumah tangga, kita harus kreatif dalam menciptakan suasana di rumah yang tak membosankan. Apalagi sekarang ini teknologi sudah semakin berkembang, sehingga banyak informasi yang bisa kita gali demi menciptakan aktivitas di rumah yang menyenangkan untuk diri sendiri.

Ada banyak sekali artikel mengenai berbagai kegiatan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga, dan itu bisa dibaca di Blog Sunglow Mama yang banyak mengulas seputar dunia kreatif digital dan juga seputar dunia bu rumah tangga. 

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Manfaat Me Time Untuk Ibu Rumah Tangga"

  1. Iya me time memang berguna buat IRT, asal ngga berlebihan sampai lupa kewajiban hehe. Semoga me time yang berkualitas buat kita makin produktif ya

    BalasHapus