Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Melakukan Donasi Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain

 
Manfaat Melakukan Donasi
Sumber Gambar: Pexels


Donasi atau memberikan sumbangan merupakan perbuatan baik yang harus terus dilakukan dan disebarkan. Nilainya terserah, tergantung dengan kemampuan masing-masing. Bentuknya bisa uang, barang, makanan, atau lainnya. Cara donasi sekarang ini kian beragam. Bisa dilakukan secara manual atau lewat berbagai platform donasi.

Donasi digital memang dewasa ini perlahan-lahan mulai menggeser cara tradisional. Pasalnya, lebih praktis dan bisa dilakukan dengan berbagai metode pembayaran, lho. Sebenarnya, cara donasi apapun, baik manual atau digital sama-sama baik dilakukan. Karena berdonasi sendiri punya segudang manfaat, baik untuk diri sendiri atau orang lain. 

Melakukan Anjuran Agama 

Dalam ajaran agama Islam, donasi atau bersedekah sangat disarankan. Tercantum dalam ayat di Al-Quran dan Hadist. Karena itulah, setiap waktunya banyak umat muslim yang melakukan sedekah. Terutama di waktu-waktu tertentu yang dianggap suci. Misalnya saja sedekah di bulan Ramadhan, hari Jumat, waktu Subuh, dan lain sebagainya.

Bahkan dalam ajaran agama Islam sudah diatur golongan orang yang berhak mendapatkan sedekah. Mulai dari anak yatim, orang miskin, musafir, sampai mualaf.

Bentuk Rasa Syukur

Banyak juga orang yang melakukan donasi sebagai bentuk rasa syukur. Baik atas kesehatan yang diberikan, rezeki, dan lain sebagainya. Jumlah donasi yang diberikan tidak harus banyak, seikhlas dan semampunya saja. Pasalnya, jika semuanya sudah berasal dari hati, kebahagiaan akan kembali kepada sang pemberi.

Banyak sekali cara donasi yang bisa dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur. Bisa dengan memberikan uang secara langsung kepada anak yatim piatu, bisa juga lewat platform donasi online seperti Ayobantu.com.

Mengurangi Stres

Melakukan donasi atau memberi kepada orang lain juga bisa mengurangi stres yang sedang diderita. Sebagai manusia, pasti ada saja hal-hal yang membuat kamu jadi stres. Mulai dari tuntutan sekolah, pekerjaan, rumah tangga, percintaan, dan lain sebagainya. Jika tidak segera diatasi, stres bisa menimbulkan banyak penyakit nantinya.

Salah satu cara untk merelease stres adalah dengan berbagi dengan orang lain. Dengan berbagi, dalam hal ini adalah donasi, bisa meningkatkan sekresi hormon endorfin atau kebahagiaan. Jadi jika hormon sudah dirilis, tubuh akan menangkal stres. Namun tentu saja, supaya tidak semakin stres lakukan semuanya sesuai kemampuan diri.

Meringankan Orang Lain

Ada banyak sekali orang di luar sana yang kurang beruntung dalam hal ekonomi. Misalnya saja para pedagang asongan, pengemis, anak-anak yatim, dan lain sebagainya. Dengan melakukan donasi, kamu akan sedikit meringankan beban orang lain. Meski jumlahnya tidak banyak, tidak masalah yang penting ikhlas dan rutin dilakukan.

Jika dirasa memberikan donasi berupa uang dirasa belum cukup, bisa dengan membelikan barang kebutuhan. Bisa juga membeli berbagai barang yang dijajakan oleh penjual asongan atau pedagang kecil. Dengan begitu, kamu akan membantu mereka untuk tetap bisa berusaha.

Memberi Motivasi

Melakukan donasi juga akan memberikan motivasi kepada para penerimanya. Siapa tahu mereka selama ini sudah putus asa dengan hidupnya dan kamu datang sebagai penyelamatnya. Mereka akan terus memiliki harapan untuk masa depan yang lebih baik. Jika punya banyak uang, bisa memberi mereka modal usaha untuk kehidupan yang lebih layak.

Meminimalisir Angka Kriminalitas

Di zaman yang serba susah, harga barang kebutuhan meroket, banyak orang kekurangan bingung memenuhi kebutuhan hariannya. Dengan diberikannya donasi, setidaknya memberikan sembako dengan harga yang murah, bisa meminimalisir angka kriminalitas.

Jangan salah ya, masalah perut bisa jadi besar jika tidak teratasi dengan baik. Banyak orang di luar sana melakukan kriminalitas hanya karena kelaparan. Maka dari itulah, donasi juga sangat bisa mengurangi angka kejahatan. 

Memupuk Rasa Solidaritas

Bagi anggota, grup, atau komunitas tertentu, melakukan donasi secara rutin juga merupakan langkah untuk memupuk solidaritas. Bergotong royong membantu sesama, supaya tidak berhenti bersyukur. Jika bersama, uang donasi yang terkumpul juga lebih banyak. Artinya, sasaran donasi bisa lebih luas lagi.

Bayangkan jika banyak kelompok yang melakukan donasi secara rutin, kesenjangan sosial yang terjadi bisa ditekan sedemikian rupa. Sehingga tidak ada lagi orang-orang di luar sana yang tidur dalam kondisi perut yang lapar.

Ternyata banyak juga ya, manfaat yang akan didapatkan dari melakukan donasi. Baik untuk diri sendiri, orang lain, dan juga kelompok. Guna mempermudah proses donasi, jangan ragu untuk memanfaatkan berbagai platform. Contohnya saja platform donasi Ayobantu.com yang sangat transparan dan terpercaya.

Salah satu keuntungan berdonasi melalui www.ayobantu.com, kamu bisa melakukannya secara mudah dengan berbagai metode pembayaran. Bisa lewat transfer bank, virtual account, dan e-wallet. Selain berdonasi, kamu juga bisa menggalang dana sampai mengikuti program lelang untuk bantu sesama. 

2 komentar untuk "Manfaat Melakukan Donasi Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain"

  1. Bahagia yang sesungguhnya ialah ketika kita juga bisa memberikan kebahagiaan untuk orang lain, salah satunya ialah dengan berdonasi. Setuju dengan tulisan mbak Maria

    BalasHapus
  2. Berdonasi merupakan bentuk kepedulian pada sesama. Apa guna hidup kalau tak bisa memberikan manfaat pada orang lain.

    BalasHapus