Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Arti Lambang Pagar Nusa yang Perlu Diketahui

 
Pagar Nusa


Adakah di sini pembaca blog saya yang tahu apa itu Pagar Nusa? Jika belum, maka ijinkan pada kesempatan kali ini saya mengulas mengenai Pagar Nusa, suatu organisasi pencak silat di bawah Nahdlatul Ulama.

Di Indonesia seni bela diri bisa dibilang olahraga khas Nusantara. Bela diri banyak sekali macamnya, sebut saja taekwondo, karate, kungfu, judo, jujitsu dan pencak silat. Semua jenis bela diri tersebut dapat kita pelajari di organisasi atau komunitas yang memang pecinta bela diri.

Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia, dimana sering diperlombakan baik itu di tingkat nasional sampai internasional. Bahkan Pencak Silat pada tahun 2019 menjadi warisan budaya tak benda oleh organisasi di bawah naungan PBB yaitu UNESCO. 

Asal Usul Pencak Silat di Indonesia

Pencak silat merupakan seni bela diri yang awal mulanya berasal dari dua daerah yaitu Minangkabau dan Cimande. Minangkabau sendiri berada di pulau Sumatera, sementara Cimande berasal dari pulau Jawa lebih tepatnya berada di Jawa Barat.

Seiring dengan perkembangan waktu, pencak silat mulai tersebar ke berbagai wilayah Indonesia sehingga melahirkan berbagai aliran. Pencak Silat terdiri dari gabungan antara tendangan dan pukulan serta pengetahuan di bagian mana titik terlemah yang ada pada tubuh manusia.

Di Indonesia sendiri Pencak Silat memiliki berbagai macam aliran, namun tentu saja tetap dalam satu kesatuan. Salah satu organisasi Pencak Silat yang ada di Indonesia adalah Pagar Nusa, dimana organisasi ini berada di bawah Nahdlatul Ulama.

Pagar Nusa berdiri pada tanggal 3 Januari 1986 tepatnya di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri Jawa Timur. Pagar Nusa berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang mengatur dan mengurus seni bela diri Pencak Silat.

Saat ini ada banyak aliran dari Pagar Nusa itu sendiri, sebut saja Pagar Nusa Tegal Istigfar, Pagar Nusa Batara Perkasa, Pagar Nusa Gasmi dan masih banyak lagi lainnya. Namun perlu diingat, walau Pagar Nusa memiliki banyak aliran tetap di bawah satu organisasi yaitu Nahdlatul Ulama.

Yang menarik ketika kita melihat organisasi Pagar Nusa ini adalah lambangnya yang memiliki makna tertentu. Pastinya makna di dalam 6 lambang Pagar Nusa tersebut sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

Arti Lambang Pagar Nusa yang Perlu Diketahui Oleh Para Anggota

Lambang Pagar Nusa sendiri memiliki makna tersirat yang harus diketahui oleh para anggotanya sendiri. Hal ini bertujuan agar ketika melakukan seni bela diri Pencak Silat Pagar Nusa, para anggota dapat mengamalkan makna tersirat yang ada di lambang Pagar Nusa itu sendiri. Tentu saja lambang Pagar Nusa memiliki makna kebaikan.

1. Kurva Segi Lima

Rukun Islam ada 5, yaitu Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan Haji. Lambang Pagar Nusa yaitu kurva segi lima menunjukkan rukun Islam yang harus selalu kita amalkan dalam hidup sehari-hari.

Selain kita amalkan rukun Islam tersebut, juga sebagai pengingat bahwa hidup ini harus selalu sesuai dengan tuntunan yang diajarkan dan Rukun Islam termasuk dalam tuntunan tersebut.

2. Pita Bertuliskan La Ghaliba Illa Billah

"Tidak ada yang mengalahkan kecuali dengan pertolongan Allah" merupakan arti dari tulisan La Ghaliba Illa Billah yang ada di lambang Pagar Nusa.

3. Tulisan Pencak Silat Nahdlatul Ulama

Tulisan pencak silat Nahdlatul Ulama tentu saja untuk mempertegas bahwa memang Pagar Nusa merupakan organisasi bela diri Pencak Silat di bawah naungan Nahdlatul Ulama.

4. Bola Dunia 

Bola dunia menggambarkan bahwa bumi ini luas sekali. Begitu pula dengan keanggotaan Pagar Nusa yang tersebar tidak hanya di Indonesia melainkan bisa tersebar di seluruh dunia. 

5. Sembilan Bintang Emas

Keberadaan Wali Songo yang ada di Indonesia untuk menyebarkan agama Islam berjumlah 9 orang. Hal inilah yang juga menggambarkan sembilan bintang emas di lambang Pagar Nusa. Sembilan bintang emas melambangkan 9 Wali Songo yang ada di Indonesia.

6. Tiga Garis Tepi Warna Putih

Nahdlatul Ulama memiliki cara hidup dengan menerapkan Iman, Ihsan dan Islam sehingga semua organisasi di bawah naungan NU pun juga harus menerapkan cara hidup yang sama. Tidak terkecuali Pagar Nusa.

Demikian arti lambang Pagar Nusa yang bisa kalian pelajari sekaligus diambil hikmah untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Nahdlatul Ulama merupakan organisasi kemasyarakat terbesar yang ada di Indonesia, sehingga kita juga perlu untuk mengetahui apa sajakah organisasi yang berada di bawah naungan NU tersebut.

Pagar Nusa merupakan organisasi bela diri pencak silat di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang setidaknya harus kita ketahui juga kapan berdiri serta apa arti lambang yang terdapat di dalamnya.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Arti Lambang Pagar Nusa yang Perlu Diketahui"