Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Membeli Mobil Secara Kredit? Berikut Tips Untuk Mendapatkan Cicilan Murah

Tips Untuk Mendapatkan Cicilan Murah

Mobil sudah menjadi hal yang bisa dimiliki oleh semua orang. Dimana kendaraan roda empat ini memiliki banyak tipe dari berbagai macam merek. Bahkan beragam tawaran kredit mobil sekalipun sangat mudah ditemukan. 

Baik bank ataupun leasing, menawarkan keuntungan seperti keringanan DP, cicilan, hingga suku bunga yang rendah. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk membeli mobil secara kredit, jika Anda menguasi informasi dibawah ini sudah dipastikan nantinya akan lebih mendapat banyak keuntungan. Simak sebagai berikut:

1. Pilih Mobil Sesuai Dengan Kebutuhan

Hal yang paling utama untuk menjadi pertimbangan yaitu memastikan mobil apakah yang akan Anda beli nantinya. Karena hal ini, akan mempengaruhi besarnya cicilan Anda setiap bulannya. Jika Anda ingin memiliki mobil hanya untuk kebutuhan mobilitas dalam kota ada baiknya Anda memilih mobil tipe city car yang mungil. Sedangkan jika Anda ingin memiliki mobil untuk mobilitas keluarga terutama untuk berpergian ke luar kota, Anda dapat memilih mobil tipe MPV atau SUV. 

2. Uang Muka

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah jumlah uang muka yang akan dibayarkan, ini berlaku bila Anda akan membeli mobil secara kredit melalui leasing, baik mobil bekas maupun mobil dalam kondisi baru. Pastikan Anda memiliki sejumlah dana yang cukup sebagai uang muka, dimana jumlah ini akan sangat berpengaruh pada jumlah cicilan yang cukup harus dibayarkan setiap bulan nantinya.

Walaupun dalam kententuannya hanya sebesar 25% saja, namun tidak ada salahnya jika Anda mengusahakan membayar uang muka yang lebih besar dari ketentuan tersebut, agar nilai hutang kredit yang Anda miliki nominalnya semakin kecil. Utang kredit yang kecil tentu saja akan berbanding lurus dengan jumlah cicilan bulanan yang akan dikeluarkan semakin sedikit, hal ini juga akan mempengaruhi bunga cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. 

3. Nego diskon

Sebagai pembeli, untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran tentunya akan lebih menyenangkan bukan. Memiliki pengetahuan yang cukup mengenai fitur yang terdapat pada mobil dan harga mobil di pasaran, hal ini akan membantu Anda untuk melakukan negosiasi dan mendapatkan penawaran yang saling menguntungkan saat melakukan pembelian. 

Terdapat banyak dealer yang menawarkan sejumlah potongan harga pembelian dan kitab isa memilih satu yang terbaik di antara mereka. Kunci harga bisa mendapatkan potongan harga yaitu, jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan, lakukan perbandingan terhadap beberapa dealer sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih satu penawaran terbaik dan menguntungkan. Anda juga bisa bernegosiasi mengenai potongan harga walaupun melakukan pembelian kredit mobil sekalipun. Sudah banyak juga leasing  yang menawarkan potongan harga, mulai dari DP 10% hingga cicilan bunga dari 0% saja.

4. Simulasi Kredit

Setelah mempelajari banyak informasi mengenai pembelian mobil baik dari dealer ataupun leasing, maka hal terakhir yang wajib Anda lakukan yaitu mengambil keputusan dalam melakukan simulasi kredit. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan pilihan akhir dan menyesuaikan kemampuan bayar Anda terhadap pembelian mobil.

Contoh perhitungan :

Jika Anda berniat untuk membeli mobil baru dengan harga Rp.150 Juta, dengan beban bunga sebesar 10% per tahun dan masa kredit selama 2 tahun, maka perhitungannya sebagai berikut:

Harga mobil : Rp150 Juta
Uang muka: Rp150 Juta x 25% = Rp37,5 Juta
Jumlah kredit : Rp150 Juta – Rp37,5 Juta = Rp112, 5 Juta
Beban bunga selama 2 tahun : 10% x 2 (tahun) x Rp112,5 Juta = Rp22,5 Juta
Total Hutang Plus Bunga : Rp112,5 Juta+Rp22,5 Juta = Rp135 Juta 

Jumlah cicilan per bulan : Rp135 Juta/24 (bulan) = Rp5.625.000

Artinya total cicilan pertama yang harus dibayarkan sebesar :
Uang muka Rp37.500.000 
Cicilan pertama Rp5.625.000
Biaya asuransi (dengan asumsi 1,8% / tahun): 1,8% x 2 x Rp112,5 juta = Rp4.050.000
Biaya administrasi : Rp1.000.000 
Maka total uang muka yang harus dibayarkan sebesar Rp48.175.000

Jika Anda malas melakukan perhitungan simulasi kredit, Anda bisa melakukan pembelian melalui SEVA  dimana nantinya Anda akan diberikan pelayanan perhitungan terlebih dahulu sebelum melakukan kredit mobil. Apalagi SEVA merupakan leasing terpercaya dibawah naungan Astra.

Dengan mengetahui informasi mengenai kredit diatas, Anda bisa melakukan hal-hal tersebut terlebih dahulu. Hal ini akan menguntungkan Anda dalam segi pengeluaran untuk pembelian mobil. 
 

Posting Komentar untuk "Ingin Membeli Mobil Secara Kredit? Berikut Tips Untuk Mendapatkan Cicilan Murah"