Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan Memilih Sekolah Untuk Anak

 
Memilih Sekolah Untuk Anak


Memiliki anak artinya sepasang orang tua harus bertanggung jawab atas kehidupan anak tersebut di dunia. Bukan hanya sekadar memberi susu, makan dan yang berhubungan dengan sandang. Ada banyak tanggung jawab besar yang diemban orang tua ketika memiliki anak. Anak bukan hanya sekadar status yang membuktikan bahwa pasangan suami istri itu tidak mandul.

Salah satu faktor yang harus dipenuhi ketika sudah memiliki anak adalah rencana pendidikan ke depannya. Walau Anda masih memiliki anak yang masih bayi namun mulai sejak dini sudah dipikirkan masa depannya ketika mulai masuk Taman Kanak-kanak sekalipun.

Bagi orang tua pastinya tidak mudah memilih sekolah yang sesuai untuk buah hati mereka. Bisa jadi ada beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan, misalnya saja:
  1. Jarak dari rumah ke sekolah
  2. Budget yang dimiliki orang tua menyekolahkan anak
  3. Kualitas sekolah yang dipilih
  4. Serta faktor-faktor lainnya.
Jangan sampai ketika anak sudah cukup usia untuk bersekolah, Anda sebagai orang tua akan bingung mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan pendidikan anak. Kalau sudah begini, kasihan anak donk karena orang tua yang tak siap dengan rencana masa depan mereka.

Apa Saja Persiapan Dalam Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Nah, mumpung belum waktunya tahun ajaran baru, maka ayah bunda wajib nih diskusi terlebih dahulu mengenai rencana pendidikan anak. Jangan terlalu mepet ya mendiskusikannya dan saya pribadi paling tidak suka dengan kalimat "masih ada hari esok". Mengapa saya tidak suka? Iya kalau masih ada hari esok, jika tidak bagaimana? Kasihan anak jika orang tuanya belum memikirkan persiapan dalam memilih sekolah.

Berikut sebaiknya yang harus dipikirkan oleh orang tua dalam rangka persiapan memilih sekolah untuk anak:
  • Budget atau Alokasi Dana
Tentunya segala sesuatu dalam hidup ini tidak lepas dari yang namanya dana. Sekolah negeri di beberapa daerah memang bebas biaya pendidikan kecuali untuk beberapa keperluan tertentu para murid. Jika memang anak Anda bisa masuk sekolah negeri, maka akan sangat bagus juga menghemat biaya pendidikan.

Namun jika harus bersekolah di sekolah swasta, maka persiapkan budget Anda sebagai orang tua. Tiap sekolah pasti memiliki iuran yang berbeda-beda tergantung kebijakan yayasan masing-masing. Tinggal bagaimana Anda sebagai orang tua mempersiapkan dana pendidikan untuk anak.
  • Kenali Bakat dan Hobi Anak
Sebelum memasukkan anak ke sekolah tertentu, ada baiknya Anda cari tahu program-program ekstra kurikuler yang disediakan oleh sekolah tersebut. Siapa tahu diantara berbagai program itu ada yang menarik minat anak Anda dan bisa jadi pertimbangan anak sekolah di situ.

Orang tua sah-sah saja kok melakukan visitasi sebelum menyekolahkan anak di sekolah tujuan agar tidak menyesal jika sudah benar-benar diterima. 
  • Pelajari Sistem yang Diterapkan di Sekolah tersebut
Saya yakin sekolah swasta menerapkan sistem pendidikan yang beragam antar satu sekolah dengan lainnya. Tidak ada yang salah atau benar, juga tidak ada yang bagus atau jelek. Semua dikembalikan oleh kemapuan para murid dalam menerima sistem pendidikan yang diterapkan sekolah tersebut.

Saya ambil contoh ketika dulu berada di bangku SMA, setelah selesai kelas biasanya ada pelajaran tambahan bagi para murid yang mendapatkan nilai di bawah standar. Saya pun pernah mendapat pelajaran tambahan tersebut. Walau lelah, tapi saya ikuti sistem sekolah tersebut dan bersyukur bisa memperbaiki nilai mata pelajaran. 

Posting Komentar untuk "Persiapan Memilih Sekolah Untuk Anak"