Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaleidoskop 2021:Sebuah Catatan dan Introspeksi

 
Kaleidoskop 2021


Tahun 2022 telah hadir di depan mata. Mau tidak mau, siap tidak siap maka kita harus menghadapinya. Waktu tak bisa dihentikan sementara, namun kitalah yang harus mengikutinya. 

Saya masih terbayang baru saja menghadapi tahun 2020 dengan berbagai cobaan di dalamnya. Terkena imbas pandemi sungguh bukan suatu hal yang mudah. Lalu tiba-tiba sudah berada di 2021 dengan perjuangan yang masih sama, bahkan lebih berat. Mengapa saya katakan berat? Karena tahun 2021 saya totalitas dalam menjalani profesi bloger. 

Ketika berada di penghujung 2021 rasanya seperti mimpi. Dari tahun 2021 ini rasanya waktu sangat cepat berlalu. Apa yang sudah saya perbuat dalam kurun waktu setahun ini? Tentunya sudah direkap dalam kaleidoskop 2021 yang saya buat sendiri. Niatnya akan saya tulis di blog ini dan bisa menjadi penyemangat apabila sedang mengalami demotivasi. Tapi semoga setiap hari saya selalu semangat dalam menjalani hidup ya.

Kaleidoskop 2021: Hidup Bagai Roller Coaster


Namanya hidup pasti ada saja kejadian unik dan tak terlupakan, entah itu susah maupun sedih. Bahkan sekelas sultan dan public figure pun pernah kok mengalami titik terendah dalam hidup mereka. Apalah saya yang hanya masyarakat biasa. Paling dikenal sebagai blogger saja, xixixi. Bukan bermaksud riya, namun hanya sebatas memotivasi diri bahwa dengan menjadi blogger saya bisa dikenal oleh beberapa orang. 

Kalau ditanya apa saja kaleidoskop 2021 saya, maka berikut yang dapat saya rekap:

1. Fokus Mengembangkan Beberapa blog

Saya mulai mencoba membuat lebih dari satu blog akhir tahun 2020 lebih tepatnya. Hal ini dikarenakan ingin menantang diri sendiri walau memang sempat keteteran juga. Alhamdulillah bersyukur sekali dari 4 blog yang saya kelola hampir satu tahun ini suda menghasilkan rezekinya masing-masing. Butuh perjuangan memang apalagi saya juga merupakan karyawan yang masih kerja selama 8 jam sehari.

Apa sih perjuangan yang saya lakukan ketika mengembangkan beberapa blog sampai saat ini? Berikut yang mungkin bisa menjadi inspirasi:
  • Rajin update tulisan setiap minggunya. Blog yang tak pernah diisi dengan artikel bagaikan rumah tak berpenghuni. Apalagi blog berbayar mewajibkan kita pemiliknya untuk memperpanjang domain setiap tahunnya. Jadi jangan sia-siakan blog kalian dan segera isi dengan artikel yang bermanfaat.
  • Mengurangi jam tidur agar bisa menulis di waktu luang. Kebetulan waktu luang saya adalah jam 20.00 WIB ke atas sehingga mau tidak mau jam tidur pun harus sedikit terpangkas
  • Mengikuti berbagai pelatihan ngeblog. Pelatihan ngeblog biasanya dilakukan melalui webinar via Zoom atau Google Meet. Saya harus meluangkan waktu untuk menghadiri webinar tersebut dan tentu saja menyimak materi yang disampaikan oleh pembicara.
  • Membuat bank tema untuk beberapa blog yang saya kelola. Hal ini masih agak sulit saya lakukan apalagi jika sedang mengalami writer's block. Trik yang saya lakukan adalah dengan membaca artikel blogger lain dan mencari sudut pandang lain dalam membuat tema.

2. Melanjutkan Usaha Warung Sembako

Tahun 2020 saya sering menulis artikel mengenai suami yang terkena dampak pandemi sehingga sempat dirumahkan beberapa bulan. Dampak pandemi membawa hikmah yaitu kami mencoba berjualan sembako kecil-kecilan dan ternyata hasilnya cukup disambut baik oleh warga sekitar.

Walau suami sudah bekerja normal kembali namun kami tidak ingin menutup warung sembako yang telah menolong dari imbas pandemi. Selagi masih sanggup maka kami akan tetap mengelola warung sembako ini dan menjadikan sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat.

3. Mencoba Ternak blog

Sebenarnya point nomor 3 ini tidak ada hubungannya dengan point pertama dikarenakan ternak blog baru saya lakukan di bulan November 2021 lalu. Saya mencoba nekat mengikuti kelas ternak blog yang digagas oleh Mas Irwin Andriyanto, seorang spesialis SEO dan juga blogger yang sudah malang melintang di dunia blogging.

Ternyata banyak sekali ilmu baru yang belum pernah saya dapatkan selama ini. Dan ternak blog merupakan cara blogger untuk mendapatkan penghasilan. Namun jangan lupa untuk menjaga konsistensi ya gaes, kalau ingin ternak blog.

4. Berulang Tahun yang ke-40

Rasanya tidak menyangka saya akan berada di usis 40 tahun. Inginnya sih muda terus ya namun roda kehidupan akan terus berputar. Tidak mungkin saya menjadi seorang Highlander yang akan hidup abadi, wkwkwk. Namun saya banyak melakukan perenungan manakala memasuki usia 40 tahun ini. Bahwa gerbang menuju tua itu pasti dan kita harus mempersiapkannya. Saya hanya berharap bisa lebih bijak ketika mengambil keputusan dan bersikap.

Penutup

Demikianlah kaleidoskop saya di tahun 2021 ini. Setiap orang pasti memiliki kaleidoskopnya masing-masing. Pesan saya adalah jadikan setiap pengalaman Anda menjadi berharga meskipun itu hal yang membuat sedih dan hancur secara mental mungkin. 

Semoga di tahun 2022 banyak keberuntungan berpihak pada Anda. Jangan lupa bersyukur ya!

9 komentar untuk "Kaleidoskop 2021:Sebuah Catatan dan Introspeksi"

  1. Inspiratif dan konsisten membangun blognya. Saya aja cukup punya 4 blog saja hehe.. Konsisten dalam menulis artikel yang berkualitas tentunya tidak mudah. Semalas-malasnya saya, ya dalam sebulan ada lah artikel yang diposting. Sementara jika menghasilkan itu adalah bonus

    BalasHapus
  2. Happy 40th mbaaa,

    Biasanya kalo dalam Islam 40 adalah usia kedewasaan yang membawa kesuksesan bagi person.
    .
    Wuiiih, keren banget bisa ternak blog. Kalo aku masih berupa konsisten nulis mba di blog atu-atunya ini

    BalasHapus
  3. Waah ternyata kita sebaya ya maak sudah 40an😭 tertarik dengan ternak blog maak semoga tahun 2022 menjadi lebih baik lagi ya makk

    BalasHapus
  4. Wah teruskan mbak jaga warunh mbak,. Insyaallah berkah ya walaupun agak bosan bosan dikit lah pastinya...tapi yakin deh mbak pasti untung mbak...kayak ibu saya juga jualan hehe

    BalasHapus
  5. Alhamdullilah, pencapaian yang menurut saya sangat luar biasa ditengah keterbatasan waktu karena aktivitas offline, saya aja ingin mengembangkan blog masih jadi wacana, masih ragu dengan konsistensi tapi next di tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin.

    BalasHapus
  6. Wah hebat sekali punya empat blog, Mbak. Terima kasih sharing-nya, kebetulan sekarang saya sudah memutuskan ingin menjadi seorang blogger. 🤭 Tulisannya sangat bermanfaat untuk saya.

    BalasHapus
  7. Mantap nih... blog yang keberapa ini mbak???
    Semangat terus ngeblognya. Jangan lupa bisikin ilmunya. Heheheh

    BalasHapus
  8. Aku pernah dengar tentang ternak blog, tapi bayanginnya ga bisa buatku sendiri, 1 blog aja kadang terlantar. Bismillah semoga target kita tercapai di tahun ini!

    BalasHapus
  9. wah kegiatan nge-blognya lumayan banyak juga ya kak, sampai ternak blog juga. itu aktif semua blognya? kerennn...
    Semoga blog-blog-nya makin kece dan makin bagus, meningkat kualitasnya dari segi tulisan dan visual...
    Makin lancar ternaknya sampai beranak-pinak...

    BalasHapus