Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Silaturahmi dan Cara Menjaganya Bersama Galur.id

Manfaat Silaturahmi


Islam mengajarkan banyak hal yang memuliakan hubungan antar sesama manusia. Salah satu hal yang berkaitan dengan bagaiamna menjalin hubungan baik antarmanusia adalah bersilaturahmi. 

Silaturahmi sebanrnya sebuah kata kata serapan dari bahasa Arab, yaitu shilat al-rahim atau silah ar-rahim. Arti kata ini adalah kasih sayang dengan mereka yang satu keluarga dan sesama manusia.

memanfaatkan momen Idul Fitri yang akan datang sebentar lagi, maka perlu kiranya bagi kita semua untuk memahami mengapa silaturahmi itu penting dan bagaimana silaturahmi bisa terus terjaga di tengah modernitas kehidupan. 

Manfaat Silaturahmi Dalam Islam

Dalam Islam ada beberapa manfaat silaturahmi yang bisa disarikan paling tidak dalam 5 poin berikut. Tentu semuanya punya keutamaan berupa ganjaran pahala yang berlipat selama dilakukan untuk mengharap rida Allah.

1. Menambah Rezeki

Hal mudah yang sering dilupakan orang ketika mengalami kesempitan rezeki adalah bersilaturahmi. Memperkuat hubungan kekerabatan dan persaudaraan lewat silaturahmi adalah salah satu cara untuk menambah kelapangan rezeki.

Sesuai hadits berikut

“Barangsiapa ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.” (H.R Bukhari & Muslim)

Bagaimana silaturahmi bisa mendatangkan rezeki? Sungguh mudah bagi Allah untuk membuka pintu rezeki seluas mungkin untuk hamba-Nya. Tinggal bagaimana manusia bisa mencari dan mengetuk pintu tersebut.

Dengan bersilaturahmi, kita telah mengetuk pintu-pintu itu. Kita bertemu dengan kerabat, handai taulan, sahabat, dan kawan-kawan untuk kemudian saling bertukar kabar, mengobrol dengan santun dan meninggalkan kenangan baik. Dari hubungan ini, maka banyak kesempatan yang akan tercipta di kemudian hari.
 
Bisa jadi ada tawaran pekerjaan, ajakan untuk bermitra, pinangan bergabung di proyek baru, mendapat calon pelanggan, memperoleh kesempatan menawarkan dagangan, dan banyak hal lainnya. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana Allah mendatangkan rezeki dan kemudahan-kemudahan lainnya. Maka bangunlah silaturahmi yang baik dan ciptakan banyak peluang untuk mengejar rezeki berkah dari Allah lewat eratnya hubungan persaudaraan.
 
Yakinlah bahwa Ada kalanya seseorang mengalami kesulitan dalam mencari rizki. Mudah bagi Allah memberikan rizki bagi hamba-Nya bahkan dari arah yang tidak diduga-duga. Rasulullah menyampaikan dalam sebuah hadits bahwa salah satu manfaat silaturahmi dalam islam adalah melapangkan rezeki/rizki.
 
2. Menyenangkan Hati Kerabat

Pernahkah Anda mengunjungi sanak saudara atau mungkin teman yang sudahlama tidak dikunjungi? Bagaimana reaksi mereka saat menerima kunjungan Anda? Bukankah mereka sangat bahagia?

Inilah manfaat lain dari silaturahmi. Anda bisa membuat orang lain sangat senang hanya dengan saling bertemu dan bertukar kabar.

Dengan bersilaturahmi Anda juga bisa membantu kerabat atau sahabat yang mungkin dilanda kesusahan. Kedatangan Anda bisa menjadi sebuah tanda empati yang sangat berarti walau Anda tidak memberikan apapun.

Jika ada rezeki berlebih, bisa juga Anda bantu kerabat yang kesulitan. Banyak orang yang menyembunyikan kesulitan hidupnya dan segan minta tolong, padahal sudah sewajibnya sebagai kerabat kita membantu satu sama lain tanpa mengharap imbalan apapun, harapkan ridha Allah semata.

3 Tanda Ketaatan Kepada Allah

Allah memberikan perintah khusus tentang silaturahmi dalam firmanNya di Surat
An-Nisa ayat 36:
وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS. An-Nisa: 36
 
Allah jelas-jelas memerintahkan untuk menjaga hubungan baik bukan hanya kepada orang tua dan saudara dekat, saudara jauh termasuk tetangga yang dekat dan jauh pun wajib untuk dijaga hubungan silaturahminya. Bahkan teman, fakir miskin, dan orang-orang yang kurang beruntung juga wajib untuk disayangi.
 
Betapa sempurna ajaran Islam yang telah memerintahkan sesame manusia untuk mengokohkan tali persaudaraannya. Ini adalah bukti pentingnya menjaga tali silaturahmi.
“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.” (H.R Bukhari & Muslim)

4. Menghapuskan perselisihan

Silaturahmi adalah sebuah cara untuk menghapus perselisihan. Sbeagai makhluk sosial yangs elalu berhubungan satu sama lain dan saling membutuhkan, adalah hal yang wajar jika terjadi perselisihan di dalam hubungan tersebut.

Perbedaan prinsip, pilihan, bahkan keyakinan bisa menjadi pemicu perselisihan. Allah tetap melarang putusnya tali silaturahmi. Dengan saling bejumpa dan bertegur sapa, maka persleisihan bisa dihindari.

5. Memperoleh Rahmat Allah

Salah satu hal yang mudah dilakukan untuk memperoleh Rahmat Allah sekaligus menyenangkan hati banyak orang adalah bersilaturahmi. Hadits berikut menjelaskannya.
Allah berfirman: “Aku adalah Mahapengasih dan ia adalah Rahim, nama itu diambil dari bagian nama-Ku, siapa yang menyambungnya, maka Aku memberikan rahmat-Ku kepadanya, dan siapa yang memutuskannya, maka Aku memutuskan rahmat-Ku darinya.” (HR Abu Dawud)
 
Jika kita mengharap Rahmat Allah semata, insyaAllah kegiatan silaturahmi tidaklah sekadar knjungan tetapi sebuah amalan berpahala yang bernilai tinggi di mata Allah. Ini juga sebuah ketaatan atas apa yang Allah perintahkan. Karenanya silaturahmi perlu terus dijaga.

Menjaga Silaturahmi di Masa Kini

Semenjak pandemi melanda, hubungan antarmanusia mengalami banyak perubahan. Intensitas pertemuan dan kegiatan berkumpul jauh berkurang. Teknologi juga menjadi salah satu penyebab kegiatan silaturahmi banyak dilakukan secara virtual.
 
Sejatinya, tanpa mengurangi makna dari silaturahmi, walau tanpa bertemu muka secara langsung pun niat untuk terus menjaga keutuhan dan kekuatan persaudaraan tetap ada. Ruang dan caranya saja yang berubah. Tentu hal ini tak mengapa selagi tidak melenceng dari niat awal bersilaturahmi.
 
Untuk terus mengingatkan diri dan generasi penerus tentang pentingnya menjaga silaturahmi, maka mengenal anggota keluarga inti sampai keluarga besar adalah hal yang sudah harus dilakukan sejak dini. Dengan mengenalkan mereka pada keluarga besar, dan mengajarkan pentingnya mengetahui silsilah keluarga, maka diharapkan mereka akan terbiasa untuk mengenal saudara dan menyayangi mereka.

Aplikasi Penyambung Silaturahmi



Galur.id Aplikasi Penyambung Silaturahmi

Saat ini ada aplikasi berbasis web bernama galur.id yang memudahkan anggota keluarga menyusun dan melacak garis keturunannya. Tanpa perlu diinstal, Anda bisa mulai membuat pohon keluarga dan mengingat silsilah keluarga pada generasi di atas Anda.

Anda bisa memasukkan data sederhana seperti nama panggilan, jenis kelamin, status pernikahan, dan setatus hidup/wafatnya seseorang. Jika ingin lebih detil bisa Anda masukkan profil lengkap disertai foto untuk memudahkan anggota keluarga lain mengenali.

Di sinilah tantangan dimulai. Mengingat dan menelusuri siapa saja saudara dari orang tua kita, kakak-beradik dari nenek kakek kita, para cucu, keponakan, menantu dan lainnya. Mungkin kemudian baru Anda sadari bahwa kini, keluarga Anda sudah berkembang menjadi sedemikian besarnya.

Hasil susunan silsilah keluarga ini bisa Anda bagikan kepada yang lain dengan harapan mereka akan mengenali silsilah keluarga Anda. Mereka juga bisa membuat silsilah keluarga sendiri. Jika ada tambahan anggota keluarga baru, misalnya kelahiran atau pernikahan, maka Anda tinggal mengedit data keluarga yang sudah tersimpan di galur.id dan membagikannya lagi kepada keluarga.  
 
Andaikan keluarga adalah sebuah pohon, maka tugas Anda dan semua yang ada dalam pohon keluarga ini untuk memperkuat akarnya. Agar keluarga tetap kokoh, tidak jatuh, dan terjaga kehormatannya.

Mulailah menelusuri, menemukan, dan menjaga silaturahmi bersama galur.id. Ajak sanak saudara, sahabat, dan teman baik Anda untuk menggunakan aplikasi silaturahmi ini dalam upaya terus memperkokoh tali persaudaraan. Semoga Allah memudahkan.





31 komentar untuk "5 Manfaat Silaturahmi dan Cara Menjaganya Bersama Galur.id"

  1. Eh seru juga nih galur.id
    Jadi bisa tau silsilah keluarga kita.
    Karena zaman now, jangankan keluarga jauh. Kadang dengan keluarga dekat juga gak aware loh kak.
    Bahkan pernah kejadian di tetangga, gak tau kalo temennya yang datang ke rumah adalah sepupunya sendiri
    Hihihi saking gak pernahnya silaturahmi.

    BalasHapus
  2. Aplikasi ini cocok banget buat aku yang pemula, silsilah itu penting banget sih menurutku, kita jadi tau asal muasal kita dan nanti keturunan kita juga sama. Setuju banget sama manfaat-manfaat yang dikasih tau disini

    BalasHapus
  3. Masya Allah aku bener2 merasakan manfaat dari silaturahmi. Sama seperti yg ditulis diatas, akupun merasakan dimudahkan rezekinya karena silaturahmi.

    Wah apalagi skrng ada aplikasi yang menjaga silaturahmi. Jadi, penasaran silsilah keluarga keatas kaya gimana ya 😂

    BalasHapus
  4. Menarik sekali Mbak. Bisa mengisi silsilah bersama-sama sehingga nanti bisa tahu keluarganya siapa saja dan bikin pertemuan keluarga. Buat saya yang pelupa, sering banget ga ngenalin keluarga sendiri karena ketemu keluarga yang cuma ketemu saat lebaran atau ada acara gawe keluarga. Kebetulan saya juga sedang tergerak ingin mengenalkan anak ke keluarga besar, lha karena saya sering ga ingat nama cucu keponakan atau sepupu2 luar.

    BalasHapus
  5. Keren nih aplikasi, bisa menelusuri jejak keluarga. Jujur aku kehilangan jejak sepupu dari pihak bapak. Mungkin dulunya engga deket. Jangan sampai deh anak-anak kayak aku...huhu...Mulai dari sekarang deh ditelusuri...

    BalasHapus
  6. Menarik sekali aplikasinya. Saya sendiri juga gak paham silsilah keluarga kalau sudah sampai garis di atasnya Mbah. Apalagi keluarga besar cabangnya banyak. hehe. Perlu dicoba nih.

    BalasHapus
  7. aku baru tau ada aplikasi khusus silahturahmi, menarik buat dicoba
    aku sendiri belajar dari keluargaku yang rutin silahturahmi, soalnya kadang aku suka males-malesan kalau diajak berkunjung
    padahal menjalin silahturahmi juga membangun networking, sama halnya kayak ketemu temen baru terus diajakin kerjasama, soalnya aku pernah ngalami

    BalasHapus
  8. Zaman dulu dilakukan manual, pakai kertas, Hehe.. Nah sekarang sudah ada cara digitalnya, semakin memudahkan lah. Pengen juga buat silsilah nih.

    BalasHapus
  9. Eh lucu banget sih galur.id, jadi pengen coba ngumpulin silsilah dua keluarga. Bakal besar nih karena Ayah dari Jawa dan Ibu dari Minang. Makasih banyak infonyaa

    BalasHapus
  10. Kadang klo lagi kumpul suka ada pertanyaan yang bikin ga enak hehehe btw galur.id ini unik juga ya jadi kepo apakah aku turunan Sultan heheheh

    BalasHapus
  11. Seru banget nih aplikasi galur.id. Bisa jadi acuan lahirnya aplikasi-aplikasi lain yang bisa mempersatukan keluarga besar yang tinggal berpencar di indonesia. Auto donlot nih...

    BalasHapus
  12. Haaah! Kereeeen pake banget ini galur.id - kebayang mudahnya ngetrace silsilah keluarga kita. Adikku pernah sekelas dengan teman yang berasal dari Pati -eeeh ternyata pada saat ditelusuri itu sepupu kami - udah gitu termasuk dekat pula!

    BalasHapus
  13. Aplikasi yang bikin penasaran. Pengen mencobanya biar tahu silsilah keluarga besar kami juga. Hehe ...
    Tinggal dimana aja bisa kumpul lagi (baca silaturahmi) dengan aplikasi ini ya?

    BalasHapus
  14. Sungguh menarik
    Halribet banget membuat

    BalasHapus
  15. Sangat menarik
    Hal yang ribet dalam pembuatan pohon keluarga dibuat praktis dengan galur.id
    Asyik lho bikin pohon keluarga, sepupu saya pernah bikin pohon keluarga ternyata ada beberapa pejabat yang masuk dalam pohon keluarga tapi kita gak kenal:D

    BalasHapus
  16. Bagus ini bisa dibuat seperti silsilah keluarga.
    Jadinya ketahuan nasabnya ke atas, saudaranya siapa aja, sehingga silaturahmi pun makin asik ya kak

    BalasHapus
  17. Wah seru nih GALUR.ID Mumpung masih belum ruwet, ntar minta keponakan tertua untuk bikin family tree kami. Dibuat, kemudian disebar ke WAG keluarga. Seru pastinya. Semoga data ini bisa jadi pengingat untuk beberapa generasi di keluarga inti saya.

    BalasHapus
  18. Ini membantu banget buat anak2 dan pengantin baru mengetahui silsilah keluarga besar mereka, ya

    BalasHapus
  19. Wah wah menarik nih. Ada ya aplikasi namanya Galur.id. Denger nama aplikasinya bikin keinget masa kuliah dulu. Mata kuliah Genetika. Sama kayak di aplikasi ini, kita nyari Galur atau garis keturunan. Hehehe, menarik nih dengan pake aplikasi ini ya. Bisa bikin kita tahu garis keturunan yang mungkin udah jauh. Silaturahmi jadinya bisa terhubung kembali.

    BalasHapus
  20. Wah wah menarik nih. Ada ya aplikasi namanya Galur.id. Denger nama aplikasinya bikin keinget masa kuliah dulu. Mata kuliah Genetika. Sama kayak di aplikasi ini, kita nyari Galur atau garis keturunan. Hehehe, menarik nih dengan pake aplikasi ini ya. Bisa bikin kita tahu garis keturunan yang mungkin udah jauh. Silaturahmi jadinya bisa terhubung kembali.

    BalasHapus
  21. Yups, saya pun ada jadwal untuk silaturahmi ke tempat teman, keluarga terdekat dan tetangga. Semuanya penting sih untuk menjaga diri dan sosialisasi tanya kabar dll. Hahaha, baru tahu nih ada galur.id aplikasi untuk sambung silaturahmi. Mau coba kucek ah penasaran :)

    BalasHapus
  22. jadi ingat kalau reuni keluarga besar, bisa jadi rekomendasi nih aplikasi galurid, mempermudah melacak sanak saudara yang tidak diketahui sebelumnya

    BalasHapus
  23. Silaturrahiim bisa makin kuat, apalagi bisa nencari silsilah keluarga. Bisa-bisa orang yang seoama ini sering kita temui juga keluarga ta. Ini betul-betul inovasi teknologi yang luar biasa dari galur.id

    BalasHapus
  24. lohhhh kok seruuuu bgt ini app nya.

    yg bikin app keren bgt euyy
    concern dgn faedah silaturahmi yhaaa

    BalasHapus
  25. Wah silahturahmi juga ada aplikasinya luar biasa zaman now serba digital, serba mudah untuk terus menjalin silahturahmi

    BalasHapus
  26. Generasi anak cucu kita memang gak boleh banget "kepaten obor" atau sampai gak kenal saudara sendiri. Karena hubungan persaudaraan tentu akan merekatkan silaturahm dan mendatangkan berbagai manfaat.

    Cobain bikin silsilah di Galur.id aah..
    Alhamdulillah kalau bisa memasukkan informasi yang lebih mendetail.

    BalasHapus
  27. Wah, menarik juga aplikasi Galur nih. Bermanfaat banget apalagi di masa-masa hampir lebaran gini, karena kadang anak-anak muda dalam keluarga besar gak ngerti, pokoknya ikut aja kumpul keluarga, tapi gak tahu urutan dan silsilahnya. Kalau ketemu di luar rumah, bisa-bisa gak mengenali sodara jauhnya.
    Mantap ide pembuat aplikasinya nih.

    BalasHapus
  28. Keren banget ini aplikasi ya. Bermanfaat apalagi di masa hampir lebaran gini. Membantu generasi muda untuk mengenali urutan dan silsilah keluarga besar.

    BalasHapus
  29. Keluargaku yang ada di Padang bikin grup, sering memperkenalkan garis keturunan supaya katanya tetap nyambung silaturahminya. Keren juga ya ide Galur ini menyambungkan antar keluarga jadinya

    BalasHapus
  30. Silaturahmi ini memperpanjang umur dan meluaskan rezeki ya mbak
    Apalagi dengan adanya aplikasi silaturahmi seperti ini, makin mempermudah kita bersilaturahmi

    BalasHapus
  31. Galur Id ini menarik banget, kita bisa tahu silsilah keluarga kita yaa.

    BalasHapus