Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

 
Manfaat Bersepeda

Ada banyak sekali manfaat bersepeda bagi kesehatan. Seperti yang kita ketahui ketika awal pandemi. sepeda seolah menjadi olahraga favorit baru bagi sebagian besar masyarakat. Bisa dibilang produk sepeda sangat laris di pasaran sekitar tahun 2020 sampai 2021. Mulai dari sepeda dengan harga murah sampai yang mahal sekalipun.

Saya jadi ingat pimpinan saya sampai berani memasarkan sepeda untuk golongan menengah ke atas, dan ternyata memang ada peminatnya. Saya pribadi saat remaja senang sekali dengan aktivitas bersepeda. Walau bisa dibilang saat itu bersepeda hanya untuk mencari kegiatan belaka. Refreshing istilahnya.

Setelah bertahun-tahun saya meninggalkan kegiatan bersepeda, hingga akhirnya setelah menikah saya menggunakan sepeda statis milik almarhum bapak mertua untuk berolahraga. Saya sangat menyukai bersepeda statis karena selain tidak perlu keluar rumah, kalori yang terbakar pun cukup lumayan banyak. 

Untuk saya pribadi, mengapa lebih memilih sepeda statis dikarenakan:
  1. Tidak perlu repot keluar rumah untuk berolahraga
  2. Bisa mengatur waktu dengan kegiatan sehari-hari
  3. Cukup terjangkau dari segi biaya karena pakai baju rumahan pun bisa. Tak perlu memikirkan harus pakai outfit apa untuk berolahraga di luar rumah.
Namun tahukah kamu jika bersepeda itu memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Olahraga satu ini bisa dilakukan di pagi, sore maupun malam hari. Tergantung mood dari individu yang ingin bersepeda. 

Bersepeda: Cara Tepat Menyehatkan Tubuh

Bagi kalian yang memiliki sepeda di dalam rumah namun jarang dipakai, mungkin sudah waktunya membersihkan sepeda itu. Gunakan untuk menyehatkan tubuhmu agar tak mudah sakit. 

Beberapa manfaat yang saya rasakan ketika bersepada adalah:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Saya sempat merasakan turun berat badan karena rutin bersepeda walau di dalam rumah. Coba saja kamu lakukan bersepeda dengan jangka waktu tertentu, dan timbang bobotmu setelah sebulan bersepeda.

Jangan lupa selain bersepeda, juga jaga pola makan ya! Percuma sudah capek-capek bersepeda puluhan kilometer namun pola makanmu tak ubahnya orang kalap.

2. Dipercaya Mampu Mengatasi Insomnia

Kalau kita sudah lelah berolahraga maka badan juga butuh istirahat. Nah, ketika pagi atau siang kita bersepeda otomatis malam menjadi mengantuk dikarenakan lelah. Hal ini membuat kita cepat tidur.

Tidur yang berkualitas tentu di kisaran 7 sampai 8 jam. Bagi kamu yang mengalami insomnia akut, mungkin bisa mencoba bersepeda agar tidur lebih berkualitas.

Demikian sedikit penjelasan saya mengenai manfaat dari bersepeda. Selamat mencoba ya! Semoga selalu sehat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan"