Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Obat Batuk yang Aman Untuk Ibu Hamil

credit photo: Pixabay


Moment kehamilan merupakan sebuah peristiwa yang pastinya sangat dinanti dan juga didambakan oleh seluruh perempuan yang sudah menikah. Merasakan ada detak jantung lain di dalam tubuh seorang perempuan tentunya menjadi sebuah keajaiban tersendiri.

Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit tentu merupakan hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Terlebih jika kalian merupakan perempuan yang baru menikah dan hamil tak lama setelah menikah. Tentu saja hamil muda merupakan suatu kebahagiaan tersendiri donk pastinya. 

Perempuan yang sedang hamil muda biasanya tidak sadar jika dirinya sedang hamil. Pada beberapa kasus, hal ini patut diantisipasi, apalagi jika calon ibu tersebut sering melakukan perjalanan atau banyak melakukan aktivitas. 

Ada beberapa cara untuk mengetahui  bagaimana ciri-ciri hamil muda, yaitu:
  1. Perut terasa kembung
  2. Keterlambatan menstruasi selama beberapa hari atau beberapa minggu
  3. Merasakan mual dan ingin muntah, terutama di pagi hari
  4. Mood swing, dimana suasana hati tidak dalam keadaan baik
  5. Payudara terasa sakit dan terjadi kram ringan pada perut
  6. Terjadi perdarahan ringan seperti keluarnya flek atau bercak darah

Untuk lebih memastikan apakah seorang perempuan sedang dalam kondisi hamil muda, maka pergi ke dokter kandungan atau ginekolog merupakan solusi terbaik. Jangan melakukan self diagnosis sendiri, karena hamil muda tentunya memiliki risiko juga. 

Perjalanan seorang ibu hamil pastinya akan berliku dan tidaklah mudah. Saya masih ingat sekali memiliki teman kerja dimana dia hamil 7 bulan dan tiba-tiba mengidap preeklamsia, sehingga harus dirawat inap selama dua minggu di rumah sakit.

Ada beberapa rintangan yang biasanya dialami selama kehamilan, misalnya saja:
  • Rasa mual dan muntal ketika awal-awal kehamilan atau pada trimester pertama
  • Kesulitan tidur ketika kehamilan menginjak trimester kedua
  • Penyakit yang datang tak terduga, seperti preeklamsia, diabetes, tekanan darah tinggi, bahkan batuk yang tak kunjung sembuh.
Ibu hamil yang menderita batuk tak kunjung sembuh tentu akan sangat tidak nyaman, apalagi ada janin di rahim yang ikut merasakan gerakan ibu ketika batuk. Inginnya sih minum obat batuk, tapi ingat bahwa ibu hamil sangat dibatasi dalam mengonsumsi obat-obatan kimia. Hal ini dikhawatirkan akan berdampak terhadap janin yang sedang dikandung.

Disarankan terlebih dahulu bagi ibu hamil yang sedang batuk tak kunjung sembuh untuk melakukan pengobatan secara tradisional seperti minum air hangat dan rebusan jahe agar tidak mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan.

Akan tetapi jika batuk ibu hamil tak kunjung sembuh, tentu saja perlu dilakukan tindakan medis dengan persetujuan dari dokter kandungan yang menangani pasien ibu hamil tersebut.

Obat Batuk yang Aman Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang terserang batuk tak kunjung sembuh, berikut ada rekomendasi obat batuk yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu:
  1. Spray Cool Mint yaitu aerosol yang bisa disemprot di mulut untuk menyegarkan pernafasan serta mengurangi nyeri tenggorokan.
  2. Obat batuk sirup yang mengandung bromhexine hydrochloride yang berfungsi untuk mengencerkan lendir di tenggorokan penyebab batuk.
Sebagai seorang calon ibu yang mungkin baru pertama kali mengandung, tentunya masih banyak hal yang harus dipelajari. Namun saat ini teknologi semakin maju dan berkembang sehingga informasi apapun bisa kita dapatkan, termasuk informasi mengenai kehamilan.

Bagi kalian yang ingin terus update mengenai informasi kehamilan, bisa mengunduh aplikasi Teman Bumil di smartphone. Para ibu hamil juga bisa bergabung di komunitas yang ada di Teman Bumil. Tentu sangat senang rasanya apabila bisa berbagi informasi dengan sesama para ibu hamil yang tergabung di Teman Bumil App.

Tidak hanya berkomunitas, di Teman Bumil App kita juga bisa chat dengan dokter untuk menanyakan  seputar masalah kesehatan ibu hamil. Dengan adanya gerakan saling support sesama ibu hamil di Teman Bumil App tentu akan menambah vibrasi positif sehingga perjalanan 9 bulan mengandung akan terasa menyenangkan.

Penutup

Kehamilan merupakan proses perjalanan seorang perempuan menjadi ibu. Namun karena baru pertama kali, terkadang pasangan suami istri sering tidak menyadarinya. Oleh karena itu sangat disarankan bagi pasutri yang memang sedang merencanakan kehamilan untuk memiliki kalkulator kehamilan untuk mengetahui usia kehamilan. 

Teman Bumil App menyediakan kalkulator kehamilan yang dapat kalian gunakan sewaktu-waktu. Para suami pun wajib untuk bisa memahami bagaimana cara kerja kalkulator kehamilan. 

Oleh karena itu, segera download aplikasi Teman Bumil setelah Anda dan pasangan sah menikah dan memang merencanakan kehamilan. 

18 komentar untuk "Kenali Obat Batuk yang Aman Untuk Ibu Hamil"

  1. Jangan lupa untuk Istirahat yang cukup. Ini akan sangat penting untuk membantu tubuh melawan infeksi dan pemulihan. Pastikan kita mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. kalau berlanjut hubungi dokter dong

    BalasHapus
  2. Kalo lagi hamil memang harus ekstra hati2 ya kak. Termasuk ketika sakit harus selektif dalam memilih obat. Selain itu juga harus ekstra menjaga kondisi badan. Kalkulator kehamilan memang sangat membantu untuk ibu hamil biar lebih aware terhadap kondisi kehamilannya.TFS

    BalasHapus
  3. Saat hamil ini ga bisa sembarangan minum obat tanpa pengawasan dokter menurutku, kadang saya hanya konsumsi vitamin dan obat herbal saja, karena sejatinya tubuh bisa mengobati dirinya sendiri, tetapi butuh waktu lebih lama sih

    BalasHapus
  4. Sekarang ada aplikasi yang memudahkan memberi berbagai info, ya. Dulu pasti saya konsultasi ke dokter dulu, deh. Sekarang pun sebaiknya ettap tanya ke dokter kandungan. Tetapi, setidaknya bisa cari informasinya dulu di aplikasi untuk menambah informasi.

    BalasHapus
  5. Baru tahu nih ada aplikasi untuk menemani hari-hari ibu hamil, karena ibu hamil butuh suppport dari orang sekitar selama proses kehamilan, aplikasi ini tentunya akan melengkapi hari-harinya

    BalasHapus
  6. Waktu hamil kemarin, aplikasi teman bumil jadi sahabat setia aku. Karena banyak informasi seputar kehamilan, bayi dan parenting yang bisa aku dapatkan dari sana.

    BalasHapus
  7. Tetap sehat selama hamil tuh pe-er banget deh...Seingetku hamil anak ke-2 yang aku kurang sehat. Pernah mabok ngidam padahal udah 5 bulanan gitu, pernah kena virus Mom's (gondongan)...Duuh...mana engga berani minum obat, tapi sakitnya engga ketahanan...Bagus nih ada info obat batuk yang aman buat ibu hamil.

    BalasHapus
  8. Ibu hamil perlu selektif pilih obat. Aku kalau tidak terpaksa banget lebih baik tidak minum obat selama hamil. Palingan ya vitamin dari dokter aja.

    BalasHapus
  9. Oh ada aplikasinya ya buat ibu hamil baru tau juga saya jadi bisa lebih aware ya kalau ada gejala kurang nyaman pada kehamilan bisa lihat solusi sementara di aplikasi ini

    BalasHapus
  10. Ketika hamil, penting untuk mengikuti sejumlah langkah dan menjaga beberapa aspek kesehatan agar kehamilan berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  11. Ada nyawa bayi yang juga dijaga ketika sedang hamil sehingga ibu hamil dan pasangan harus memperhatikan nih berbagai hal termasuk obat-obatan yang dikonsumsi ketika kehamilan

    BalasHapus
  12. Nggak boleh sembarangan minum obat sih memang saat hamil. Omong-omong tentang Teman Bumil, pernah pakai juga aplikasinya saat hamil kedua

    BalasHapus
  13. kalau lagi hamil memang sakit batuk pilek ini sangat challenging karena tidak boleh mengonsumsi sembarang obat, harus dengan resep dokter.

    BalasHapus
  14. Daku pernah dapat wejangan dari kakakku, kalo besok nikah lalu hamil dan qadarullah sakit jangan sembarangan minum obat dan memakai minyak gosok.
    Kudu waspada dan sesuai anjuran dokter deh ya biar lebih aman

    BalasHapus
  15. Memang sih kalo sedang hamil sebaiknya nggak sembarangan minum obat. Kecuali obat yang sudah direkomendasikan oleh dokter melalui konsultasi dengan dokter kandungan.

    BalasHapus
  16. Ya Allah, amat sangat menderita sekali kalau batuk pas hamil. Bayangin kita nggak hamil aja batuk tu sudah menyiksa banget kan ya. Harus selalu siap sedia obat batuk, terutama yang dianjurkan dokter. Biar pas hamil nggak batuk.

    BalasHapus
  17. Memang kudu pinter nyari obat kalau lagi hamil ya. Postingan ini sangat menginspirasi banyak ibu hamil, apalagi untuk yang masih belum berpengalamanm

    BalasHapus
  18. Saat hamil ternyata memang harus lebih selektif dalam memilih obat. Beruntung saat hamil saya diberikan kemudahan oleh Allah untuk terus kontrol rutin bulanan di Puskesmas. Jadi, setiap ada keluhan sakit lain seperti batuk, pilek, dll pasti akan dipastikan obatnya aman buat bumil.

    Selain itu, saya juga didampingi aplikasi Teman Bumil yang membuat saya makin aware dengan kehamilan. Pokoknya komplit membuat kita punya partner cerdas setiap harinya.

    BalasHapus