Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sukses Diterima Bekerja Bagi Fresh Graduate

 
Cara Sukses Diterima Bekerja

Bekerja merupakan impian bagi semua orang, terutama bagi generasi muda yang baru lulus perguruan tinggi. Sama halnya dengan saya dulu ketika menjadi fresh graduate pertama kali, senangnya minta ampun. Senang karena saya sudah tidak menjadi beban orang tua lagi dikarenakan Ibu sudah tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar SPP kuliah saya. Selain itu dengan mengantongi ijazah S1 saya sudah dapat melanglang buana mencari pekerjaan sesuai minat dan kompetensi.

Namun ternyata mencari kerja tidak semudah yang saya bayangkan. Dulu saya berkhayal akan dengan mudah bekerja di sebuah perusahaan bonafide. Bisa jadi karena kesombongan inilah akhirnya yang membuat saya gagal mendapat pekerjaan sampai satu tahun. 

Sampai akhirnya saya mencoba magang di perusahaan milik sepupu saya demi bisa mendapat pengalaman kerja. Magang yang saya lakukan berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Selepas 9 bulan saya magang bekerja, akhirnya saya pulang ke Surabaya menemani Ibu saya yang sendirian di rumah. Kasihan beliau sudah lansia jika sendirian di rumah.

Entah karena berkat magang dan memang Allah SWT benar-benar baik memberikan jalan untuk saya yang sedang membutuhkan pekerjaan, saya pun tak lama menganggur dan langsung mendapatkan pekerjaan. 

Saya banyak belajar bagaimana dahulu membuat kesalahan yang akhirnya mengakibatkan gagal diterima bekerja. Dahulu belum ada yang namanya media sosial dan internet belum masif seperti sekarang ini sehingga tidak tahu trik cara sukses diterima bekerja. Saya hanya mengandalkan intuisi sebagai orang yang membutuhkan pekerjaan.

Cara sukses diterima bekerja sesungguhnya selain modal kompetensi juga karena rezeki si pencari kerja tersebut. Namun tak ada salahnya kita belajar otodidak bagaimana agar sukses diterima bekerja di suatu perusahaan.

Diterima kerja, selain masalah rezeki juga tentu diperlukan trik khusus agar bisa lolos seleksi. Berikut tips sederhana dari saya untuk kalian yang sedang melamar pekerjaan agar bisa lolos seleksi:
  1. Menjadi diri sendiri ketika datang ke interview kerja
  2. Berpenampilan rapi dan wangi. Tidak harus memiliki baju mahal untuk dapat tampil rapi dan menarik. Dapat memadu padankan pakaian juga bentuk dari kemampuan berpenampilan rapi dan juga menarik
  3. Menguasai materi sebelum datang ke wawancara kerja. Misalkan Anda melamar pekerjaan sebagai Customer Service, maka sebelum hari H sebaiknya Anda mengetahui apa dan bagaimana job description posisi Customer Service.

Penutup

Demikian sedikit tips sederhana dari saya. Semoga bermanfaat dan bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan semoga bisa diterima secepatnya.

Posting Komentar untuk "Cara Sukses Diterima Bekerja Bagi Fresh Graduate"